Sabtu, 25 Mei 2013

Komputer - Port dan Memory PC



PORT DAN MEMORY PC

1.Macam-Macam Port PC

1.      PORT USB
Universal Serial Bus (USB) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik. Kelebihan port USB:
Lebih cepat, lebih kuat dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play.   Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang USB:
-Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga 12 mbps.   
-Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal
-Diterima secara luas, baik dari sisi hardware, software , ataupun pengguna
-Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh

2.      PORT PARALEL
Port paralel adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port. Kesederhanaan port ini dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hardware membuat port ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

3.      PORT SERIAL
dalam komputasi,sebuah serial port adalah serial komunikasi melalui antar muka atau fisik yang transfer informasi atau memperkecil pada satu bit pada satu waktu atau kontras paralel port.

4.      PORT PS/2
Ps 2 konektor di gunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer. Namanya berasal dari IBM Personal System / 2 rangkaian komputer pribadi, yang telah diperkenalkan pada tahun 1987.

5.      PORT VGA
Kartu VGA adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Hampir semua program menghasilkan keluaran visual, kartu VGA adalah hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat


2. Macam-Macam Memory PC

Kata "memory" digunakan untuk mendiskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program..Fungsi memory adalah untuk menyimpan data dan program.
1.      Berdasarkan kecepatannya memory ada 4 macam yaitu :
·                     Register
·                     Cache memory
·                     Main memory
·                     Sekunder memory
2.       Berdasarkan hubungan harga: semakin kebawah semakin murah (harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data tersimpan
3.      Hubungan kapasitas: semakin keatas umumnya kaasitas semakin terbatas
4.      Hubungan frekuensi pengaksesan: semakin ke atas semakin tinggi frekuensi pengaksesannya


1.      REGISTER MEMORY
Merupakan jenis memory dimana kecepatan acces yang paling cepat, memory ini terdapat pada Cpu/processor.Contoh : Register data, register alamat , stack pointer register, Memory Address Register, I/O Address Register, dll.

2.      CACHE MEMORY
Memory berkapasitas terbatas,berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memory utama.Cache memory ini ada diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan. Cache memory ini ada 2 macam yaitu:
·         Cache memory yang terdapat pada internal Processor, cache memory jenis ini kecepatan accesnya sangat tinggi ,dan harganya sangat mahal.
·          Chace memory yang terdapat diluar processor , yaitu berada pada Mother board , memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi meskipun tidak secepat cache memory jenis pertama (yang ada pada internal prosesor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat.
3.      MEMORI UTAMA
Memori ini berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Jenis memori utama yaitu:
-Random Access Memory (RAM)
. RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung:
·         data untuk diproses;
·         instruksi atau program, untuk memproses data;
·         data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device;
·         instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer
Kapasitas penyimpanan dari RAM sangat beragam dalam berbagai komputer. Kapasitas merupakan faktor yang penting, karena dia menentukan seberapa banyak data yang bisa diproses dalam waktu yang sama dan seberapa besar dan kompleks progam yang bisa menempatinya.

-Read Only Memory
Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna.

Ada 4macam variasi dari ROM, yaitu:
Ø  PROM, atau programmable read only memory. Yaitu rom yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi deprogram.
Ø   RPROM,atau Re progamable ROM.Merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.
Ø  EPROM, atau erasable programmable read only memory. EPROM mirip dengan PROM, tetapi program dapat dihapus dan program yang baru bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan untuk controlling device, seperti robot dan sebagainya.
Ø  EEPROM, atau electronic erasable programmable read only memory. Chip EEPROM dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu electric impulses yang khusus. Mereka tidak perlu dicabut atau diubah.
 
4.      MEMORI SEKUNDER
Memori sekunder merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan program atau data dan letaknya berada di luar computer. contohnya : hardisk external,floppy disk, flashdish.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar