Jumat, 21 Juni 2013

PKN - Budaya Politik yang Bertentangan Dengan Semangat Pembangunan Politik Bangsa


Di dalam realita kehidupan tidak semua orang bersikap positif, sehingga muncul pula budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa. Menurut Robert Lane sikap-sikap tersebut adalah apatisme, sinisme, alienasi,dan anomi.
  Apatisme: sikap yang dimiliki orang yang tidak berminat atau tidak punya perhatian terhadap orang lain, situasi dan gejala umum atau khusus yang ada dalam masyarakat. Orang yang apatis adalah orang yang pasif.
  Sinisme: sikap yang dimiliki orang yang menghayati tindakan dan motif orang lain dengan perasaan curiga.
  Alienasi: perasaan keterasingan sesorang dari kehidupan politik dan pemerintahan masyarakat.
  Anomi: perasaan kehilangan nilai dan arah hidup, sehingga tak bermotivasi untuk mengambil tindakan-tindakan yang berarti

  Selain menurut Robert Lane masih terdapat bermacam-macam sikap negatif terhadap politik yang lain.
  1. Masokisme Politik
                menurut Fromm masokisme merupakan mekanisme melarikan diri dari kebebasan yang di dalamnya terpola jalinan hubungan yang menjanjikan pembebasan dari ketidakpastian. Ketidakberdayaan untuk menyatakan keinginan diri dan eksistensi diri membuat individu lantas mengikatkan diri pada ikatan-ikatan sekunder. Tiga karakter yang ditunjukkan dengan jelas dalam sosok masokis politik yaitu ketidakberdayaan politik,ketidakpercayaandiri, dan ketidakkekuasaan dalam politik
2.        Self-Efteem
                ketidakmampuan pribadi dalam memenuhi self-efteem membuat individu menumpukan harapan pada kelompok sosial yang menjadi identitas sosialnya. Identiikasi ini mengikat seseorang secara nilai dan emosi yang bermuara pada peningkatan self-efteem melalui kelompok. Ikatan yang kuat dalam kelompok ini akan menimbulkan fanatisme kelompok yang diikuti dengan menilai rendah kelompok lain. Individu ini akan melakukan apapun agar kelompoknya tidak di jatuhkan oleh kelompok lain. Dan dapat menghasilkan kontak fisik.
3.        Feodalisme
                adalah sebuah sistem pemerintahan di mana seorang pemimpin, yang biasanya seorang bangsawan memiliki anak buah yang masih berasal dari keturunan bangsawan (Vazal). Feodalistik, sosok imaji penting dalam hierarki antara penguasa dan bawahannya. Dalam hal politik lebih menuju ke perbudakan. Dan dapat memunculkan kultus individu dan patronase
4.        Kapitalisme
                merupakan sumber dari segala sumber ketidakadilan dan ketidakdemokratisan di dalam kehidupan rakyat.
5.       Fasisme
                segala bentuk penindasan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang terhadap seseorang atau sekelompok orang lainnya.
6.        Militerisme
                segala bentuk militerisme di bidang kehidupan rakyat, seperti bidang ekonomi, sosial, politik harus dibebaskan dari campur tangan pihak militer untuk mengurangi tindak pemaksaan kehendak dengan alat pemaksa absolut (senjata)
7.        Imperialisme
                penjajahan atau penindasan suatu bangsa yang dilakukan oleh bangsa lain.
8.        Diskriminasi
                segala bentuk tindakan diskriminatif atau pembedaan yang merugikan seseorang atau sekelompok orang
9.        Rasialisme
                segala bentuk pembedaan yang merugikan terhadap suatu ras atau warna kulit tertentu dan dapat menciptakan konflik yang menggunakan isu-isu suku, agama, ras, antargolongan dan antaraliran (SARA)
10.   Kekerasan
                segala bentuk kekerasan yang mengarah ke kontak fisik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar